Home » , » LATIHAN PIONERING "SIMULASI IKATAN KAKI TIGA"

LATIHAN PIONERING "SIMULASI IKATAN KAKI TIGA"

Selamat pg sobat “PB”

Salam Pramuka….!!!

Setelah bebarapa kali bikin artikel tentang simulasi, kali ini “PB” kembali memposting Artikel yang bertema SIMULASI. ada 3 alasan kenapa “PB” lebih suka membuat artikel simulasi (lihat Simulasi Tekpram)
  1. Artikel yang bertema simulasi lebih fresh
  2. Untuk membatu sobat-sobat “PB” dalam menguasai Tekpram. karna bayak sobat-sobat yang pingin belajar Tekpram, tapi tidak tahu tempat bertanya apalagi tempat belajarnya. sebagai mana halnya "PB" dulunya.
  3. Menarik pengunjung ke blog ini tentunya. heheee.e..e.e
Simulasi yang “PB” ingin bagikan kali ini berkaitan dengan tali temali. tali temali/pionering adalah kemampuan dasar seorang Pramuka, biasanya pionering di pelajari pada golongan Penggalang, tapi tidak jarang juga Pramuka golongan Penegak dan Pandega mempelajari ini. Kemampuan dalam hal ikat mengikat sering kali di gunakan di setiap perlombaan ataupun ajang perkemahan. Pramuka sejatinya lebih sering menggunakan tali ketimbang paku ataupun baut. coba sobat perhatikan di perkemahan, dari mendirikan tenda, tiang jemuran, tiang bendara, pagar, rak sepatu, samapi tempat piring semuanya di ikat dengan tali. terkecuali mungkin di ajang-ajang tertentu yang tidak memungkinkan pesertanya untuk membuatnya.
ok deh langusung saja, kebayakan mukadimah malah membuat pengunjung blog ini jadi pada bosen lagi , hehee.e.e. berikut adalah gambar simulasi untuk ikatan kaki tiga.

cara membuat ikatan kaki tiga




  1. Mulailah dengan simpul pangkal
  2. Masukkan tali di secara bergantian disela-sela stok
  3. Bila dirasa sudah cukup belitkan tali ke arah stok lalu tarik, kemudian belitkan kembali dan tarik
  4. Putar tali ke stok berikutnya lalu belitkan kembali dan tarik, lakukan sampai 3 x atau lebih tergantung panjang tali dan ukuran stok yang di gunakan
  5. Akhiri dengan simpul pangkal
Silahkan perhatikan gambarnya dengan seksama, simulasi ini sengaja "PB" buat untuk memudahkan sobat-sobat dalam menguasai tekpram, untuk keterangan no.3 bagi sobat-sobat yang kurang megerti akan "PB" bahas dalam artikel selanjutnya, Sekian Artikel kali ini jika ada pertanyaan silahkan ajukan di kolam komentar atau di diskusi "PB"


2 komentar

terimakasih masukannnya k3, karna kesibukan jadi tdk pernah update lagi, tapi isya allah akan PB update lagi blog ini. salam

Terima kasih sudah berkunjung di blog sederhana ini.
semoga Artikel-artikel di sini bermanfaat untuk sobat-sobag PB. tinggalkan jejak kakak dengan meninggalkan komentar di bawah ini, mohon gunakan bahasa yang sopan.
Keritik dan saran yang membangun amat di butuhkan untuk mengembakan blog senderhana ini.