Home » , » CARA CEPAT MENGHAFAL MORSE

CARA CEPAT MENGHAFAL MORSE

Pengenalan Morse


Salam Pramuka....!!!
Malam sobat "PB", setelah 2 hari ga posting kali ini "PB" sedikit membagikan trik menghafal morse, sebenarnya trik ini sudah basi untuk sobat-sobat yang sudah mahir di TEKPRAM, tapi tidak ada salahnya jika "PB" kebali mengulas teknik ini.

Sebelum kita membahas tekniknya mari berkenalan dulu dengan morse,

apa itu morse

....? Morse sebenarnya nama orang Amerika yang menemukan sebuah cara agar setiap manusia dapat saling berhubungan. Cara tersebut ditemukannya oleh Samuel finley bresse morse pada tahun 1837 tetapi baru dapat diterima untuk dipergunakan di seluruh dunia tahun 1851 dalam Konferensi Internasional.

Trik Cepat Menghafal Morse
Waktu pertama menemukan trik ini "PB" sangat kesulitan menggunakannya, maklumlah "PB" belajar Pramuka secara otodidak, bukan hanya morse, semaphore, pionering and tekpram-tekpram lainnya "PB" pelajari sendiri dari buku-buku and brosing di internet. alias tanpa guru and tanpa pemandu. akhirnya "PB" hanya menghafalnya dengan cara lawan abjad saja. Untuk sobat-sobat yang kebetulan bernasib sama dengan "PB", jangan patah arang, kalau selama ini sobat-sobat belum mengerti cara menggunakan rumus rumah morse karna hanya tampil dengan gambar, kali ini "PB" yakin sobat-sobat akan cepat memahami, karna kali ini "PB" akan membagikan Rumus Rumah Morse dengan format gambar gif.

Berikut Rumus Rumah Morse yang sudah "PB" buat untuk rekan - rekan sekalian

cara menghafal morse

KETERANGAN

  1. Rumah Morse di atas terdiri dari dua warna (balok putih dan balok hitam)
  2. Balok Putih mewakili titik sedangkan balok hitam mewakili garis
  3. Rumah Morse di batasi dengan garis-garis tengah, kiri dimulai dari E, selalu di mulai degan titik. dan kanan di mulai dari T selalu di mulai dengan garis
  4. Rumah Morse di baca dari Atas kebawah.
  5. Ikuti Alur garis, dan baca dari atas ke bawah, samapai pada balok huruf yang dituju.

Ternyata gampangnya..... yang perlu sobat-sobat ingat adalah Rumah Morsenya. jika salah mengingat letak balok, warna balok, susunan abjad balok maka sobat-sobat 100% salah mengafalnya. Sebaliknya jika sobat sudah menghafal Rumah Morse secara keseluruhan, "PB" ucapkan selamat karna sobat sudah menghafal 100% morse.
Sampai disini dulu postingan kali ini, untuk sobat-sobat yang pingin belajar TEKPRAM LAINYA silahkan buka silahkan buka Simulasi Tekpram di tab atas atau klik di sini.


3 komentar

Terima kasih sudah berkunjung di blog sederhana ini.
semoga Artikel-artikel di sini bermanfaat untuk sobat-sobag PB. tinggalkan jejak kakak dengan meninggalkan komentar di bawah ini, mohon gunakan bahasa yang sopan.
Keritik dan saran yang membangun amat di butuhkan untuk mengembakan blog senderhana ini.