Home » , » CARA MENGIRIM BERITA DENGAN PERBAIKAN

CARA MENGIRIM BERITA DENGAN PERBAIKAN

Assalamu alakaikum, Selamat pagi, Salam Pramuka…..


Selamat hari Raya Idul Adha…
Kecepetannya ngucapinnya,…? ya ga pa2lah dari pada telat. heheee….

masil kelanjutan posting sebelumnya tentang semaphore, (baca Latihan Semaphore 1, Latihan Semaphore 2.) kali ini PB kembali memposting latihan Semaphora. kenapa sih semaphore trus topiknya…? emang pentingnya….? baru–baru ini “PB” dapet pesan kayak gini …

(“hari gini masih maen semaphore…?, jaman udah cangih tinggal sms ja)

turus “PB” bales pesannya kayak gini

(“emang ente ga tau, lau semaphore sampai sekarang masih di gunakan di angkatan laut…?”) habis tuh pesan “PB” ga di bales-bales lagi.


Semaphore bukan cuma bukan ilmu kacangan, coba bayangkan jika situasi sedang perang dan alat telkomuniasi tidak bisa di gunakan, gimana coba nyamapaikan pesannya. hayoooo…..?, jadi Semaphore itu penting….? di jawab sendiri ya sobat “PB”

“PB” rasa cukup mukadimahnya, dibawah ini adalah simulasi mengrim berita dengan anulir/salah.
sempahore pramuka cara mengirim berita dengan perbaikan

Keterangan


Pernahkah sobat-sobat "PB" megirm berita Semaphore salah terus binggung gimana cara memperbaiki kesalahannya...? Bila pesan semaphore di kirim berjauhan (emang seharusnya semaphore di kirim dari jauh, low dekat ga perlu pake semaphore teriak ja biar simple.) tentunya ga mungkin memberi tahu kalau pesan yang dikirimnya itu salah (masa ngasih tahunya pake pesan cmz, "sory bro pesan yang tadi salah...." low gitu ngapaian ngirim pesan pake semaphore ) untuk itu di perlukan sebuah pesan untuk memberitahukan kepada orang yang dituju bahwa pesan yang telah kita kirim itu salah.
  1. Untuk langkah-langkah awalnya "PB" tidak perlu mengulasnya lagi, karna "PB" rasa sobat-sobat sudah mahir semua (bagi yang kurang jelas silahkan melihat "LATIHAN SEMAPHORE 1" MENGIRIM BERITA DENGAN PENGULANGAN".
  2. Bila terjadi kesalahan saat mengirim berita, kirimkan pesan annulir, kebalikan dari L (lihat METODE NGENGHAFAL SEMAPHORE II )
  3. Setelah pesan annulir di kirim lanjutkan mengirim pesan atau....
  4. Tutup pesan (posisi interval) tunggu samapai penerima pesan menjawab "C"
  5. Penerima pesan menjawab "C" jika sudah menerima semua pesan dengan baik.

ok deh...cukup sekian postingan "PB" kali ini...semoga bermanfaat buat Sobat-sobat....

Samapi jumpa di artikel "PB" selanjutnya


Terima kasih sudah berkunjung di blog sederhana ini.
semoga Artikel-artikel di sini bermanfaat untuk sobat-sobag PB. tinggalkan jejak kakak dengan meninggalkan komentar di bawah ini, mohon gunakan bahasa yang sopan.
Keritik dan saran yang membangun amat di butuhkan untuk mengembakan blog senderhana ini.